Sharing Session Hibah Pengabdian kepada Masyarakat Kemenristek 2020

Kamis, 15 Oktober 2020, Pukul 09.00-11.00 WIB, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Itenas Bandung mengadakan sharing session dengan mengundang Dr. Agus Susanto, S.P., M.Si. sebagai narasumber. Bapak Agus Susanto merupakan anggota LPPM Universitas Padjadjaran (UNPAD). Sharing Session kali ini membahas mengenai Hibah Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Kemenristek 2020. Sebelum acara dimulai, Bapak Iwan Juwana, Ph.D sebagai Kepala LP2M Itenas memberi sambutan dan berharap bahwa narasumber dapat memberi masukan kepada para dosen Itenas supaya dapat terinspirasi dalam mendapatkan hibah dari kemenristek baik itu pengabdian kepada masyarakat.

Pak Agus Susanto yang memiliki pengalaman dalam mendapatkan Hibah Kemenristek menyampaikan beberapa tips supaya dosen terinspirasi dan berusaha mendapatkan hibah baik itu internal maupun eksternal seperti Kemenristek. Dosen yang memiliki kewajiban tridharma dimana salah satunya adalah penelitian maupun PKM diharapkan mencoba terus tanpa menyerah untuk memasukkan proposal penelitian atau PKM ke kemenristek supaya mendapatkan hibah. Pustaka yang digunakan lebih baik jurnal terakreditasi dalam membuat proposal diharapkan yang terkini atau minimal 5-10 tahun terakhir dan jumlahnya lebih dari 10 jurnal. Topik proposal dibuat semenarik mungkin dengan melihat tren yang sering diperbincangkan masyarakat saat ini. Ide untuk proposal kemungkinan dapat muncul di lapangan atau sekitar masyarakat bahkan dapat muncul di suatu organisasi profesi dan stakeholder. Dalam mengajukan proposal, anggota pelaksana yang beda bidang ilmu lebih dihargai oleh reviewer hibah. Sebelum menutup sesi pagi, beliau berharap bahwa para dosen tidak patah semangat dalam mencoba mencari ide untuk topik proposal sehingga tidak menyerah dalam mencoba memasukkan proposal untuk mendapatkan hibah Kemenristek. Akhir sesinya, Pak Agus Susanto memberikan quote, “Jangan biarkan ketakutan akan orisinalitas menghambat kreativitas kita”.

Di akhir acara, Bu Hendang Setyo Rukmi, selaku Kepala Bidang Pengabdian kepada Masyarakat di LP2M Itenas Bandung mengumumkan bahwa akan ada acara sosialisasi dengan Bappeda Sumedang dalam rangka melanjutkan perjanjian kerjasama dengan Bappeda Sumedang di bidang Pariwisata dan penanganan sampah yang mungkin dapat dimanfaatkan oleh para dosen Itenas untuk melakukan kegiatan PKM. Selain itu, narasumber dan panitia penyelenggara Sharing Session ini khususnya anggota LP2M Itenas Bandung berterimakasih kepada para dosen Itenas yang telah mengikuti rangkaian acara. Semoga dengan adanya Sharing Session ini, para dosen Itenas yang telah menyempatkan waktu dan kuotanya dapat terinspirasi atau termotivasi dan menjadi berani mencoba mengajukan proposal untuk mendapatkan hibah internal khususnya eksternal. (Vibianti/INO)