Itenas Bandung Kembali Menorehkan Prestasi Melalui Unit Taekwondo

Virtual KTA Worldwide Poomsae and Para-Poomsae Championship 2020 adalah kejuaraan Taekwondo Internasional yang diadakan oleh Harrogate K.R Ali Taekwondo Academy. Kompetisi ini dilaksanakan pada tanggal 2 sampai dengan 4 Oktober 2020 secara Online melalui Youtube. Kejuaraan ini diikuti oleh kurang lebih 566 peserta dari berbagai negara, seperti Inggris, Filipina, Korea, Iran, Denmark, dan tentunya Indonesia, dan negara-negara lainnya.

Kantor berita Itenas sempat mewawancarai salah satu peserta yaitu Muhammad Mikhail Batara Daulay biasa dipanggil ical dari prodi informatika Angkatan 2018. Tim yang mengikuti kejuaraan tersebut terdiri dari 5 mahasiswa dan 5 non-mahasiswa perwakilan Itenas antara lain Maruli Ibrahim Batara Daulay (152016009), Muhammad Romdon Dahlan (132017262), Muhammad Mikhail Batara Daulay (152018050), Joseph Indra Nurcahyo Us Sanak (152019128), dan Lutfiana Chaerul Nisa (152018059) dan 5 lainnya merupakan non-mahasiswa yang terdiri dari siswa SMP dan SMA di Kota Bandung yang tergabung di dalam UKM Taekwondo Itenas. Tim Taekwondo Itenas berhasil memperoleh 4 medali emas, 1 perak dan 2 perunggu yang menghasilkan Itenas sebagai Juara Umum 2 sekaligus pengkoleksi medali terbanyak pada kejuaraan tersebut. Nama-nama peserta yang medapatkan medali tersebut antara lain medali emas diperoleh oleh Muhammad Romdon Dahlan, Muhammad Mikhail Batara Daulay, Shegina Kurniawan, dan Dedi Kurniawan. Sedangkan medali perak diperoleh oleh Joseph Indra Nurcahyo Us Sanak Serta medali perunggu yang diperoleh oleh Maruli Ibrahim Batara Daulay dan Lutfiana Chaerul Nisa. Dalam persiapannya, Ical Menjelaskan bahwa Latihan tentunya hal yang pertama kami lakukan untuk kejuaraan ini, kami berlatih bersama pelatih tiap hari minggu dan terkadang ada latihan tambahan dan juga latihan yang diberikan oleh pelatih sudah terorganisir, latihanya tersebut kita selama kurang lebih 2 bulan untuk mempersiapkan kejuaraan ini, tentunya dengan protokol Covid 19, memakai masker / face shield, menjaga jarak dan lain-lain. “Kebetulan sebelum pertandingan kami team Taekwondo Itenas beberapa kali sudah pernah mengikuti Kejuaraan Internasional dan Nasional, terakhir The Heroes Taekwondo Virtual Championship di Thailand mendapatkan 1 emas dan 2nd Indonesian E Poomsae Championship 2020 mendapatkan 3 emas Best Of The Best, 3 Emas, 1 perunggu” disampaikan oleh Ical.

Selain itu Romdon, Mahasiswa Prodi Teknik Industri ini sekaligus tergabung salam Tim mengatakan bahwa proses teknikal meeting dan penilaian dilakukan oleh wasit dan pelaksanaan kejuaraan disiarkan melalui youtube. Penilaian pada kejuaraan poomsae dilakukan secara langsung setelah peserta tampil.  Sedangkan Pengumuman pemenang dilakukan setelah semua lawan tampil sehingga dapat diketahui secara langsung pemenangnya.

Dalam wawancara Bersama Tim Kantor berita Itenas, Ical Juga menjelaskan Motivasi Tim ini mengikuti Kejuaraan adalah mereka ingin membuktikan di masa pandemi ini UKM Taekwondo masih bisa menghasilkan Prestasi- Prestasi , dan juga dapat membanggakan Itenas baik di tingkat nasional dan Internasional. Mewakili tim Ical juga menceritakan bahwa tim  merasa bangga dan sangat senang ketika mendengar perolehan mendali yang kita dapat dan juga mendapatkan juara umum 2 di tingkat internasional sebagai nilai plus atas perjungan latihan kami di masa Pandemik ini, Taekwondo Itenas mampu mempertahankan prestasi pada masa pandemik saat ini baik di tingkat nasional atau internasional. Kejuaraan ini menjadi capaian terbesar kami sebagai atlit, Pelatih dan orang tua pada tahun ini.

Terakhir pada sesi wawancara Ical menjelaskan rencana kedepannya. Tim Taekwondo Itenas

di akhir tahun ini akan mengikuti 2 kejuaraan yaitu Piala Koni dan Kejuaraan Internasional Indonesia Changmookwan E Poomsae Championship 2020 yang akan dilaksanaan di akhir bulan November. Semoga kejuaraan yang mereka ikuti dapat memperoleh hasil yang maksimal dan bisa membangga Itenas. Dan kedepan nya semoga kita dapat berlatih kembali di kampus dan dapat memakai fasilitas untuk latihan kita agar dapat memaksimal kan latihan. (INO / BK & HUMAS / TAUFIK)