Webinar Sumpah Pemuda dan Pengumuman Pemenang Lomba Kreasi Poster dan Video FTSP Itenas

Pada Rabu, 28 Oktober 2020, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Nasional Bandung mengadakan webinar yang bertajuk “Kontribusi Pemuda dan Pelajar Indonesia Dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan” sekaligus “Pengumuman Pemenang Lomba Kreasi Poster dan Video FTSP Itenas”.

Kegiatan yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ini merupakan kegiatan puncak dari rangkaian kegiatan lomba yang diselenggarakan oleh FTSP Itenas Bandung yakni Lomba Kreasi Poster tingkat SMA/SMK/MA dan Lomba Konten Video tingkat mahasiswa yang sudah berlangsung sejak September 2020.  Terlaksananya rangkaian kegiatan lomba ini adalah dalam rangka mewujudkan kontribusi FTSP Itenas Bandung pada tujuan pembangunan (Sustainable Development Goals, SDGs) khususnya Nomor 9 dan 11 terkait Infrastruktur Berkelanjutan dan Kota Berkelanjutan. Harapannya bahwa poin-poin tersebut dapat dituangkan melalui wujud karya-karya nyata yang inovatif dan kreatif oleh para mahasiswa maupun pelajar dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia.

Acara dibuka pada pukul 13.10 oleh Bapak Nico Halomoan, S.T., M.T. selaku moderator acara sekaligus Dosen Prodi Teknik Lingkungan Itenas Bandung, lalu dilanjutkan dengan menyanyikan bersama lagu kebangsaan Indonesia Raya serta doa bersama.

Setelah penyampaian sambutan oleh Dekan FTSP Itenas, Dr. Bapak Soni Darmawan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dan sesi diskusi mengenai Kontribusi Pemuda dan Pelajar Indonesia Dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia oleh Bapak Gracias Billy Mambrasar, S.T., M.Sc. MBA selaku narasumber. Beliau merupakan Staf Khusus Presiden Republik Indonesia serta sebagai Duta SDGs Indonesia yang senantiasa berperan aktif mewujudkan target-target kerja sebagai Duta SDGs Indonesia sejak tahun 2019. Beliau aktif berkeliling untuk mengatasi isu-isu SDGs, berbicara di berbagai forum tentang pembangunan berkelanjutan serta memastikan keterlibatan semua stakeholder meliputi pemerintah, anak-anak muda, maupun masyarakat dalam menjalankan SDGs. SDGs merupakan komitmen bersama dalam upaya mensejahterakan masyarakat mencakup 17 pilar/tujuan yakni tanpa 1.  Tanpa Kemiskinan; 2. Tanpa Kelaparan; 3. Kehidupan Sehat dan Sejahtera; 4. Pendidikan berkualitas; 5. Kesetaraan gender; 6. Air bersih dan sanitasi; 7. Energy bersih dan terjangkau; 8. Pertumbuhan ekonomi dan pekerjaan yang layak; 9. Industri, inovasi dan infrastruktur; 10. Pengurangan kesenjangan; 11. Keberlanjutan kota dan komunitas; 12. Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab; 13. Aksi terhadap iklim; 14. Kehidupan bawah laut; 15. Kehidupan di darat; 16. Institusi peradilan yang kuat dan kedamaian; dan 17. Kemitraan untuk mencapai tujuan.

Di akhir perbincangan, beliau menjelaskan, bahwa untuk mewujudkan pembangunan Indonesia yang berkelanjutan, nyatanya tidak dapat hanya bergantung kepada pemerintah. Perlu adanya turun tangan kita bersama sebagai para pemuda pemudi bangsa untuk dapat ikut mendorong jalannya pembangunan dengan aktif berkontribusi dan berkolaborasi dari berbagai bidangnya masing-masing.

Setelah webinar sesi sharing session selesai, acara dilanjutkan dengan pengumuman hasil penilaian Lomba Konten Video dan Lomba Kreasi Poster oleh Bapak Inko Sakti Dewanto, S.T., M. Ds. mewakili dewan juri lainnya yakni Dr. techn. Indra Noer Hamdhan dan Bapak Galih Sedayu.

Terdapat 3 kategori pemenang untuk masing-masing lomba, yakni Best Content, Best Visual dan Most Favorite.

Pemenang kategori Best Content Video diraih oleh Tim Kemaiga  dari Itenas Bandung dengan karya berjudul “Menuju Indonesia Maju dengan SDGs”. Pemenang kategori Best Visual Video sekaligus sebagai Most Favorite Video diraih oleh Tim Bolinggo dari Politeknik Negeri Malang dengan karya berjudul “Inovasi GOCAK sebagai Upaya Peningkatan Infrastruktur dan Pariwisata Probolinggo yang Memiliki Nilai Budaya Lokal”.

Pemenang kategori Best Content Poster diraih oleh Tim Tim Abhuyudhaya dari MAN Sidoarjo dengan karya berjudul “Mari Bersama Bangun Indonesia”. Pemenang kategori Best Visual Poster diraih oleh Tim Pendekar dari SMAN 55 dan SMA Global Mandiri Cibubur dengan karya berjudul “Towards A Cultured Sustainable City”, dan Kategori Most Favorite Poster diraih oleh Tim Kejuruan Multimedia dari SMK Karya Guna Bhakti 1 Kota Bekasi dengan judul karya “Bangunan Hijau”.

Selamat kepada adik-adik mahasiswa dan pelajar yang kreatif dan inovatif yang telah berhasil memenangkan lomba, terima kasih banyak juga untuk adik-adik dari berbagai wilayah, dari Sumatera hingga Papua, yang sudah ikut berkontribusi melalui karya-karya luar biasanya, dari berbagai wilayah. Semoga senantiasa aktif dan semangat dalam memberikan kontribusi nyata kepada bangsa Indonesia tercinta.(Badriana Nuranita/INO)