MONITORING DAN EVALUASI BAGIAN KERJA SAMA ITENAS BANDUNG

Rabu, 11 November 2020 telah dilakukan monitoring dan evaluasi (monev) terkait pengelolaan dan pelaksanaan kerjasama Itenas Bandung oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Ditjen Dikti Kemendikbud RI). Hal ini dilakukan sesuai dengan Undang Undang nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Permendikbud tahun 2014 tentang Kerja Sama Perguruan Tinggi, dimana setiap Perguruan Tinggi wajib melaporkan kegiatan kerja samanya ke Ditjen Dikti Kemendikbud RI.

Tepat pukul 10.30 tim monev Dikti tiba di Itenas Bandung dan langsung disambut oleh Rektor Itenas, Prof. Meilinda Nurbanasari, Ir., MT., Ph.D. beserta jajarannya di Gedung Rektorat lantai 2 Ruang 15221.

Kegiatan dimulai dengan berdoa bersama dilanjutkan sambutan dan perkenalan jajaran Itenas yang hadir oleh Prof. Meilinda, diantaranya Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Tarsisius Kristyadi, Ph.D.; Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Inovasi dan Kerja sama, Dani Rusirawan, Ph.D.; Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Iwan Juwana, Ph.D.; Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FTI, Liman Hartawan, M.T.; Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FTSP, Bernardinus Herbudiman, M.T.; Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FAD, Ramlan, M.Sn.; Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni, Alfan Ekajati Latief, M.T.; Kepala Biro Kerjasama, Hubungan Masyarakat, dan Pemasaran, Yulianti Pratama, M.T.; dan Kepala Bagian Kerjasama dan Urusan Internasional, Dr. Eng. Dyah Asri Handayani, M.T.

Adapun tim monev dari Dikti yang ditugaskan adalah Dinna Handini, Nita Nurita, Satya Herlina Armananti, dan Sumaryanto. Tim monev yang diketuai oleh Dinna Handini ini, memaparkan maksud dan tujuan dilakukannya monev terkait pelaksanaan dan pelaporan kerja sama ini. “Seperti yang disampaikan oleh Mas Menteri bahwa Kerja sama Perguruan Tinggi merupakan Indikator Kinerja Kegiatan (IKK) Ditjen Dikti tahun 2020-2024 dan Perguruan Tinggi juga didorong untuk meningkatkan kerja sama dalam mendukung kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)”, tutur Dinna Handini.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan diskusi, klarifikasi, dan pengecekan bukti dokumentasi kerja sama, yang dilakukan oleh Nita Nurita dari Dikti kepada Itenas dalam hal ini Bagian Kerja Sama. “Ada lima indikator penilaian dalam monev pengelolaan dan pelaksanaan kerja sama ini”, tutur Nita Nurita. Yang pertama adalah Kelembagaan dan SDM; kedua, Perencanaan, Monitoring dan Evaluasi; ketiga, Mitra Kerja Sama; keempat, Program Kampus Merdeka – Merdeka Belajar; dan yang kelima adalah Area Kerja Sama.

Dalam kesempatan itu pula, Yulianti Pratama, M.T. sebagai Kepala Biro Kerja Sama, Hubungan Masyarakat, dan Pemasaran menambahkan bahwa Bagian Kerjasama Itenas telah memiliki sistem informasi kerjasama yang diberi nama SIKERMA. “Sistem informasi ini sudah ada sejak tahun 2017, namun masih tetap harus dikembangkan”, tambah Yulianti Pratama, M.T.

Acara ditutup dengan foto bersama dan visitasi ruang kerja Biro Kerja Sama, Hubungan Masyarakat, dan Pemasaran. (Taufik/Humas)