Handle Pintu – Tinjauan Desain Secara Arsitektural Ergonomi Material

Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung bersama Himpunan Desain Interior Inidonesia (HDII) dan PT. Kenari Djaja Prima baru saja menggelar webinar yang membahas bagaimana desain sebuah handle pintu yang baru, menarik, serta sesuai dengan desain arsitektur dan interior modern.

Webinar yang diselenggarakan pada Kamis (29/07) ini menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Anwar Subkiman, M.Ds. anggota HDII, Dosen Prodi Desain Interior Itenas Bandung yang menyampaikan materi dengan judul “Menyilih Desain Handle Pintu Nusantara”; Diana Pratiwi, S.T. yang merupakan seorang desainer interior sekaligus founder @pavilion_19 yang memberikan materi judul “Design 101: How To Choose Your Best Door Handles”; dan Drs. M. Djalu Djatmiko, M.Ds , Kepala Studio Desain Produk FAD Itenas Bandung dengan materi “Ergonomi Pada Desain Handle”.

Acara webinar ini dimoderatori oleh Irma Rosalia Handayani, S.T., dari HDII selaku Pengurus Pusat Himpunan Desainer Interior Indonesia.

Acara dibuka dengan sambutan dari Hendri Djarifudin selaku Direktur PT. Kenari Djaja Prima yang dilanjutkan dengan sambutan Dr. Andry Masri selaku Dekan Fakultas Arsitektur Dan Desain Itenas Bandung.

Dalam sambutannya, Dr. Andry mengatakan bahwa handle pintu merupakan bagian pintu yang kecil, kadang sering diabaikan dan terlupakan yang sengaja diciptakan sebagai salah satu bentuk inovasi yang paling penting sejak zaman Neolitikum dimana mencegah orang untuk mengakses barang pribadi kita.

Dr. Andry menambahkan bahwa sampai sekarang handle pintu terus melakukan upgrade dan telah memiliki fungsi yang lebih banyak tidak hanya sekedar privacy. Pemilihan handle pintu disesuaikan dengan konsep arsitektur dan interior bangunan.

“Kami para desainer walaupun di kamar yang terpisah-pisah tapi semangat kami sama, kami ingin membuktikan bahwa desain itu berperan besar dalam meningkatkan kualitas hidup” tutur Dr. Andry.

Di era pandemik ini handle pintu dengan kecanggihan teknologi didalamnya merupakan suatu inovasi terbaru tanpa harus menggunakan kunci dan hanya memerlukan kartu. Unity dan balance menjadi prinsip utama dalam pembuatan handle pintu dimana terdapat kesatuan antara desain dan objek yang akan dibuat secara proposional. Kemudian, detail dan eksplorasi dalam pembuatan handle pintu juga akan mempengaruhi nilai jual dan kualitas dari handle itu sendiri. “A good design yaitu desain yang baik yang selalu kita bekerja dengan prinsip” tutur Anwar Subkiman.

Rohadi menuturkan bahwa segala sesuatu ternyata memang harus dimulai dengan keberanian.

“Bahwa segala sesuatu harus dimulai dengan suatu ide-ide yang kecil yang mungkin orang lain menganggapnya hal yang tidak menarik tetapi mempunya nilai positif bagi kita” lanjut Rohadi.

Diakhir webinar, Rohadi menymapiakn bahwa PT. Kenari Djaja Prima menggelar kompetisi “KENARI DJAJA AWARD 2021 – Handle Design Competition” tingkat mahasiswa, professional dan umum dengan tema “Trendy & Stylish” untuk menciptakan handle pintu yang artistik, fungsional dan ergonomis, yang dapat memenuhi selera pasar Nasional maupun Internasional. Rizky/BKHP