Alumnus Desain Interior Itenas Bandung, Cira Bhang, Mewakili Indonesia Di Ajang Florence Biennale XIII

Cira Bhang, pelukis abstrak lulusan Program Studi Desain Interior (1993) Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Nasional Bandung yang memiliki nama asli Cira Citrasmi Candramanon juga pernah menjadi Dosen Mata Kuliah Nirmana 2 Dimensi dan Nirmana 3 Dimensi di Program Studi Desain Komunikasi Visual di Itenas Bandung. Seniman Indonesia yang berdomisili di Prancis ini menampilkan beberapa lukisan abstraknya dalam ajang pameran seni bergengsi Florence Bienalle XIII.

Tercatat 3 seniman terkemuka Indonesia yang pernah berpartisipasi dalam ajang yang diselenggarakan sejak 1997 di Italia ini, yaitu : Heri Dono, Tondi Hasibuan (ISBI), dan Cira Bhang. Art Exhibition bergengsi dari Florence Italia ini diikuti oleh total 65 negara, dan diadakan setiap 2 tahun sekali di Kota Florence serta melibatkan ratusan desainer dan seniman terpilih dari seluruh dunia.

Sebelumnya pada Juli 2020, bersama 30 seniman Prancis, Cira Bhang juga pernah menampilkan karya seninya yang digelar oleh Provence Sud Passion di Salon de Provence, Prancis Selatan. Karya seni yang ditampilkan di pameran ini rata-rata hasil dari ekspresinya selama masa karantina akibat pendemi Covid-19 yang melanda dunia. Tak heran tema dari pameran ini adalah ‘La Liberté’ (kebebasan) salah satunya untuk mengingat pameran yang sempat tertunda akibat pendemi Covid-19.

“La Liberté ( Kebebasan ) Sebagai seorang wanita dan istri, bagi saya pribadi kebebasan adalah merdeka dalam berpikir, berpendapat, menentukan nasibnya sendiri dan mandiri. “Jangan pernah merasa takut menjadi dirimu sendiri siapapun kamu” – Cira Bhang.

Sumber artikel berita & foto :

https://suratdunia.com/2021/10/24/seniman-tondi-hasibuan-dan-cira-bhang-mewakili-indonesia-di-ajang-florence-biennale-xiii/

https://suratdunia.com/2020/07/27/cira-bhang-pelukis-abstrak-asal-indonesia-di-prancis/