Keluarga Mahasiswa-Itenas Gelar Program Kegiatan Bina Desa di Desa Cipanjalu selama 2 Bulan

(21/05/2022) Himpunan Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Itenas melaksanakan kegiatan “PKM-Bina Desa 2022”. Adapun himpunan mahasiswa yang terlibat, yaitu Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMS), Himpunan Mahasiswa Teknik Geodesi (HMGD), Himpunan Mahasiswa Perencanaan Wilayah & Kota (HMPL), dan Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL).

Kegiatan PKM-Bina Desa 2022 dilaksanakan di Desa Cipanjalu, Kec. Cilengkrang, Kab. Bandung, dengan mengangkat tema “Small Village Development”. Small Village Development merupakan program bina desa  yang berbasis collaborative yang melibatkan beberapa orang yang di mana program ini dirancang oleh BE-KM Itenas, agar mahasiswa Institut Teknologi Nasional Bandung dapat mengimplementasikan Tridarma Perguruan Tinggi melalui bentuk sebuah pemberdayaan masyarakat program ini menjadi sebuah terobosan yang dapat menjadi sebuah kesempatan mahasiswa agar dapat berpikir kreatif, mencerminkan kedisiplinan, empati, ulet, berkarakter positif, serta agar terjalin kekeluargaan dan kekompak antar mahasiswa satu dengan yang lainnya.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 bulan (20 Mei-10 Juli) secara bergantian selama 5 sesi. Sesi pertama akan diisi oleh BE-KM, sesi kedua diisi oleh HMGD, sesi ketiga diisi oleh HMS, sesi keempat diisi oleh HMPL dan sesi kelima diisi oleh HMTL. Kelima sesi tadi akan diisi dengan kegiatan bakti sosial, membangun peta desa, membangun infrastruktur dan merenovasi prasarana desa.  Kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif untuk memajukan Desa Cipanjalu menjadi lebih baik dan dapat mengembangkan pembangunan, serta menjadikan masyarakat yang inovatif dan kreatif.

Pada acara pembukaan yang digelar pada hari Jumat lalu (20/5/2022), Bernardinus Herbudiman, ST., MT.  selaku wakil dekan bidang kemahasiswaan menyampaikan bahwa kegiatan Bina Desa ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Dies Natalis Itenas yang ke-50 dan berharap diusia emas Itenas, kontribusi mahasiswa Itenas dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.  Ia juga berharap semoga kehadiran mahasiswa Itenas bisa diterima di desa namun juga mahasiswa tidak lupa tanggung jawabnya sebagai mahasiswa di kampus.

“Semoga apa yang kami inisisasi bisa meninggalkan kesan yang baik dan semoga manfaat yang dirasakan berlangsung longlasting dan sutainable”, tambah Bernardinus.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan Desa Cipanjalu bisa menjadi desa binaan Itenas, sehingga kita bisa terus memberikan inovasi, kreativitas yang sesuai dengan bidang ilmu kita”, tutur Presiden Mahasiswa Itenas

Dalam kesempatan tersebut hadir pula perwakilan dari PT. PN VIII Bukit Unggul, yang juga berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat Desa Cipanjalu dapat terbantu dan merasakan manfaat dari kegiatan tersebut. Ade/Humas

Link: Foto kegiatan