Hadirkan 3 Pakar Leadership, A Forum for Itenas Leaders and Academicians: Transformational Leadership in Digital Era digelar secara luring di Itenas

Dalam rangka meningkatkan kualitas kepemimpinan agar terlaksananya fungsi dan tujuan manajemen pada institusi pendidikan, Itenas menggelar forum dengan mengangkat tema “Transformational Leadership in Digital Era” pada hari Sabtu 18 Juni 2022 di Bale Dayang Sumbi Itenas Bandung. Kegiatan ini dihadiri oleh 86 pejabat struktural dan dosen tetap di lingkungan Itenas dan 50 mahasiswa pengurus himpunan dan unit kegiatan kemahasiswaan.

Hadir sebagai narasumber yaitu Dr. Iwan Inrawan Wiratmadja (ketua Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi Itenas), Danang Rizki Ginanjar, S.T., MBA. (Advisor PINA Center for Private Financing), dan Dr. (HC) Ignasius Jonan, MA, CPA, CA. (Komisaris Utama dan Komisaris Independen PT. Anabatic Technologies, Tbk). Materi-materi yang disampaikan oleh ketiga narasumber sangat menarik dan memotivasi para pimpinan, dosen, dan mahasiswa Itenas untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas kepemimpinannya, baik sebagai dosen maupun sebagai bagian dari manajemen Itenas.

Dalam sambutannya Prof. Meilinda Nurbanasari, Ph.D. menyampaikan harapannya, yaitu semoga dengan mengikuti acara ini para Itenas Leaders, Dosen, dan Mahasiswa bisa menyerap ilmu dan pengalaman dari para narasumber, sehingga kedepannya bisa menjadi pemimpian yang baik, berkarakter dan amanah.

Sesi pertama diawali oleh paparan mengenai “Kepemimpinan Menuju Itenas Unggul 2030: Mengabdi Bagi Negeri, Berperan Dalam Tataran Global“, yang dibawakan oleh Bapak Dr. Iwan Inrawan Wiratmadja. Dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa seorang pemimpin adalah seseorang yang mempengaruhi orang lain untuk bertindak ke arah pencapaian tujuan tertentu.

“Kepemimpinan yang transformasional merupakan sebuah proses saling menguatkan diantara para pemimpin dan pengikut ke tingkat moralitas dan motivasi yang lebih tinggi”, tambahnya. Sesi pertama menjadi begitu menarik setelah semua peserta antusias mengisi beberapa kuesioner mengenai leadership.

Sesi kedua dilanjutkan dengan paparan mengenai “Transformational Leadership in Digital Era” dari Danang Rizki Ginanjar, S.T., MBA. Sesi ini juga tidak kalah menarik dengan sesi pertama. Materi lagi-lagi dibawakan secara interaktif. Menurut Danang, pemimpin dalam era digital harus memiliki 4 kriteria, yang pertama yaitu Agile (Pemimpin selalu mengetahui tren terbaru berdasar teknologi dan meningkatkan kapasitas diri), yang kedua yaitu Encouraging (Memiliki kemampuan untuk mengajak dan melatih orang lain untuk meningkatkan kapasitas diri bersama), yang ketiga yaitu Innovative (Pemimpin terus berinovasi dengan teknologi dan keahlian digital), yang ke empat yaitu Adaptive (Pemimpin mudah beradaptasi dengan teknologi).

Pada sesi ketiga hadir Dr. (HC) Ignasius Jonan, MA, CPA, CA., sebagai narasumber. Bapak Ignasius Jonan menekankan bahwa kepemimpinan di era transformasi digital perlu memperhatikan beberapa prinsip, seperti kerja keras dan juga bagaimana memperlakukan manusia sebagai “subyek” yang berpikir, berkehendak, berperasaan; namun tetap tegakkan aturan dan kedisiplinan, bahwa seorang pemimpin itu sebaiknya dapat memberikan karya/contoh/bukti nyata kepada bawahannya. Pada era digital saat ini, penguasaan teknologi adalah penting, namun prinsip humanisme juga perlu untuk dipenuhi. Prinsip yang terakhir yaitu mengenai kegagalan. Kegagalan adalah kondisi yang mungkin terjadi, tapi hadapi dengan besar hati, menjadi refleksi untuk bergerak maju dengan visi yang lebih smart. Ade/Humas.

Link: Foto kegiatan