Kegiatan Lapangan Pembinaan Kesadaran Bela Negara Mahasiswa Angkatan 2020 dan 2021

Dalam rangka pembinaan soft skill kepada mahasiswa antara lain kerjasama, kemampuan berkomunikasi, disiplin dan pengembangan diri, Itenas melaksanakan Program Kegiatan Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) untuk seluruh mahasiswa Angkatan 2020 dan 2021. Kegiatan PKBN untuk mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 ini akhirnya bisa terlaksana setelah tertunda akibat pandemi Covid-19. Program PKBN kali ini merupakan kerjasama Itenas dengan Pusdikif Pussenif Kodiklatad.

Pembukaan kegiatan PKBN telah dilakukan sebelumnya pada tanggal 5 dan 6 September 2022 lalu untuk mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 oleh Rektor Itenas di Gedung Serba Guna Itenas.

 

Rangkaian kegiatan PKBN berupa kuliah umum dan juga kegiatan di lapangan (outbound) selama 1 hari. Kegiatan lapangan bertempat di Pusdikif, Pussenif Kodiklatad, Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Saat pelaksanaan kegiatan lapangan, tim dosen Itenas selalu berada di lokasi untuk melakukan pendampingan. Pelaksanaannya dibagi menjadi dua gelombang untuk setiap angkatan, yaitu tanggal 6 dan 7 September 2022 untuk mahasiswa angkatan 2020, serta tanggal 8 dan 10 September 2022 untuk mahasiswa angkatan 2021.

Kegiatan PKBN bukanlah wajib militer. Melalui rangkaian program kegiatan PKBN ini, karakter mahasiswa dibangun untuk bersikap adaptif, kompetitif, cinta tanah air, siap bela negara, serta mampu meningkatkan jati diri bangsa. Kegiatan outbound juga dirancang untuk mengasah kerjasama antar individu demi mencapai tujuan bersama. Harapannya, setelah kegiatan ini para mahasiswa Itenas akan lebih cepat membaur dan tercipta solidaritas antar prodi.

Kegiatan PKBN merupakan bagian dari Sistem Kredit Kemahasiswaan (SKK) yang wajib diikuti oleh mahasiswa Itenas. Para mahasiswa akan mendapatkan poin 8 SKK dari total poin 20 SKK yang harus dipenuhi selama menempuh pendidikan sarjana di Itenas.