Itenas Awards 2022: Sebuah Persembahan Berbeda di Usia Emas

Institut Teknologi Nasional menyelenggarakan Itenas Awards 2022 dengan tema “Celebrate the Excellence” sebagai penganugerahan untuk insan Itenas seperti dosen dan karyawan, mahasiswa, hingga mitra yang bekerja sama dalam program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) pada Kamis (15/12/2022) di Gedung Serba Guna (GSG) Bale Dayang Sumbi. Perhelatan ini digelar sebagai lanjutan dari rangkaian puncak Dies Natalis Itenas ke-50 periode Desember.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Hymne Itenas oeh Jinggaswara, hingga persembahan tarian dan musik tradisional dari Lisenda Itenas. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Rektor Itenas Prof. Meilinda Nurbanasari, Ph.D. yang sangat mengapresiasi penyelenggaraan acara ini. Menurut beliau, Itenas berkembang pesat karena menjalani amanah yang diberikan para pendiri untuk bisa terus memajukan dan mengembangkan Itenas.

“Mari kita hidupkan budaya inovasi dan kreativitas, dan yang terpenting adalah curiosity (rasa ingin tahu)-nya. Jangan hanya cuma berimajinasi, tapi kita harus bangkitkan curiosity-nya. Sebagai rektor yang menjabat saat ini, saya sangat berharap bahwa Itenas nantinya pada 2025 bisa menjadi 10 PTS terbesar di Indonesia sesuai dengan target di renstra (rencana strategis) dan juga bisa menjadi world class university. Karena saya yakin, dengan keikhlasan dan kerja keras kita semua, insyaAllah Itenas bisa mencapai apa yang sudah ditargetkan,” tutur Prof. Meilinda dalam sambutannya.

Selepas penampilan pembuka dan juga sambutan Rektor Itenas, dilanjutkan dengan peluncuran buku 50 Tahun Itenas: For a Brighter Future yang berisi awal berdirinya Itenas dan segudang kegiatan serta prestasi yang telah dihasilkan selama ini. Peluncuran ini dilakukan secara simbolis melalui countdown dari ponsel oleh Rektor Itenas Prof. Meilinda Nurbanasari, Ph.D. dan Ketua Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi Prof. Dr. Iwan Inrawan Wiratmadja.

Sesuai dengan namanya, acara ini menghadirkan penganugerahan untuk beragam kategori, baik individu maupun grup. Tidak lupa juga diberikan lifetime achievement untuk para tokoh yang berjasa dan berkontribusi besar terhadap perkembangan Itenas. Berikut ini daftar penerima penghargaan dari setiap kategori pada Itenas Awards 2022:

No. Kategori Penerima
1. Lifetime Achievement Awards ·     Prof. Dr. Ing. Syamsir Mira

·     Silvia Sukirman, Ir.

·     Dra. Rini Budiwati, M.Sc.

·     Prof. Dr. Juli Soemirat, MPH, Ph.D.

2. Academic Leaders:

·         Bidang Sains dan Teknologi

·         Bidang Seni dan Budaya

·     Tarsisius Kristiyadi, S.T., M.T., Ph.D. (bid. Sains dan Teknologi)

·     Dr. Andry Masri, M.Sn. (bid. Seni dan Budaya)

3. Teaching Innovation Sofia Umaroh, S.Pd., M.T.
4. Excellent Administrative Staff Tika Sandi, A.Md.
5. Itenas MBKM Partner ·    PT TKG Taekwang Indonesia

·    PT Charlie Sierra Sierra Indonesia – Everplate

·    Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Barat

·    PT Timah Industri

·    PT Medion Farma Jaya

·    PT Alita Praya Mitra

6. Mahasiswa Berprestasi Alya Nisrina Nabilah Putri (FTSP)
7. Unit Kegiatan Mahasiswa Terproduktif Keluarga Mahasiswa Muslim Itenas (KMI)
8. Himpunan Mahasiswa Terbaik Himpunan Mahasiswa Teknik
9. Mojang Jajaka Itenas ·     Mojang: Rahma Welan (prodi Teknik Sipil)

·     Jajaka: Radja Wicaksana (prodi Teknik Indsutri)

 

Selain pemenang di atas, diberikan juga penghargaan kepada para 50 diaspora dan wirausahawan alumni Itenas.

Di samping pemberian penghargaan, acara ini penuh dengan hiburan menarik seperti pertunjukan drama musikal Dayang Sumbi: The Different Story yang merupakan adaptasi bebas dari Legenda Gunung Tangkuban Parahu dengan menyesuaikan jalan cerita tentang perjalanan Itenas sejak awal berdiri hingga saat ini. Drama musikal tersebut melibatkan mahasiswa, karyawan, hingga dosen sebagai para pemain melalui audisi terbuka. Permainan latar tempat, pemilihan musik latar, dan pengemasan cerita serta dialog yang apik membuat pertunjukkan tersebut mendapat animo yang luar biasa dari para tamu undangan.

Acara juga dimeriahkan dengan penampilan musik dari Bandit+ yang anggotanya terdiri dari para dosen dan membawakan dua buah lagu. Para alumni Itenas yang tergabung dalam band Alumninati juga tidak kalah keren membawakan beberapa lagu di atas panggung.

Itenas bersama BNI dalam kesempatan ini memberikan asuransi jiwa dan kartu TapCash edisi khusus Dies Natalis Itenas ke-50 secara simbolis kepada seluruh pegawai Itenas. Selain dari BNI, Bank Mandiri turut membagikan doorprize berupa kartu e-Money dan merchandise menarik yang bisa didapat dengan menjawab pertanyaan seputar Itenas dan Itenas Awards 2022 yang dilontarkan MC.

Sebelum acara berakhir, Ketua Alumni Itenas Ir. Panca Saktiadi memberikan satu-dua patah kata untuk memberi selamat dan dukungan kepada Itenas di usianya yang ke-50. Kemudian, dilanjutkan dengan penobatan Mojang dan Jajaka Itenas 2022 serta penampilan kolaborasi dari UKM dan UMM di Itenas serta Lisenda. Diharapkan penghargaan yang didapatkan bisa semakin memacu para penerima penghargaan untuk terus melakukan yang terbaik, bahkan harus bisa meningkatkan pencapaiannya di masa yang akan datang.