Empat Mahasiswa Itenas Mendapatkan Kesempatan Kuliah Satu Semester di Kampus Terbaik di Dunia dengan Beasiswa IISMA 2023

Pada tahun 2023, sejumlah empat mahasiswa Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung berhasil mendapatkan beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA). Prestasi tersebut meneruskan capaian baik Itenas dalam program ini sejak pertama kali diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Sebelumnya, di Itenas sendiri sudah ada 5 mahasiswa yang mendapatkan kesempatan emas ini dengan rincian 4 orang pada IISMA 2021 dan 1 orang pada IISMA 2022.

Adapun keempat mahasiswa yang meraih beasiswa IISMA 2023 antara lain Ibnu Hasan dari program studi Teknik Sipil (National Taiwan University, Taiwan), Raden Muhammad Hikman Azka Antono dari program studi Desain Produk (Victoria University of Wellington, Selandia Baru), Sanny Aftaluna Ziemann dari program studi Desain Komunikasi Visual (Vytautas Magnus University, Lithuania), dan Rafli Faturrachman dari program studi Teknik Industri (University of Zagreb, Kroasia).

Berdasarkan penuturan dari Dr. Eng. Dyah Asri Handayani Taroepratjeka, S.T., M.T., selaku Kepala Bagian Kerjasama dan Urusan Internasional (KUI) Itenas, sebanyak 14 mahasiswa mengirimkan berkas untuk mengikuti program IISMA 2023.

“Kemudian sebanyak 7 mahasiswa lolos seleksi berkas dan mengikuti tahap seleksi wawancara, yang pada akhirnya sebanyak 4 mahasiswa lolos dan menjadi awardee IISMA tahun ini,” ujar beliau.

Kepala Bagian KUI Itenas juga berharap ke depannya makin banyak mahasiswa Itenas yang berminat mengikuti IISMA. “Harapan ke depannya semoga lebih banyak mahasiswa Itenas yang bisa mendapatkan beasiswa ini untuk memperluas wawasan dan menambah jejaring untuk studi lanjut di luar negeri, serta mengharumkan nama Itenas,” pungkas beliau.

Program IISMA sendiri merupakan program beasiswa pertukaran pelajar bagi para mahasiswa semester aktif 4-6 untuk menjajal pengalaman berkuliah di berbagai kampus luar negeri terbaik selama enam bulan, dibuka untuk jenjang sarjana dan juga vokasi. Program ini juga berjalan sebagai salah satu bagian dari program Kampus Merdeka yang digagas Kemendikbudristek. Pada IISMA 2023, sebanyak 1.559 mahasiswa di seluruh Indonesia diterima di 110 perguruan tinggi yang tersebar di 60 negara di dunia.

Kami ucapkan selamat kepada keempat mahasiswa Itenas yang berhasil meraih kesempatan berkuliah di kampus luar negeri terbaik dalam program IISMA 2023. Semoga ini menjadi pengalaman belajar yang luar biasa dan memberi manfaat bagi para awardee.