Mahasiswa DKV Itenas Diajak Mengenal Identitas Visual Bersama Pemenang Sayembara Logo IKN Nusantara

Program studi Desain Komunikasi Visual Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung menyelenggarakan kuliah tamu dengan tema “Lebih Mengenal Identitas Visual” pada Rabu (31/5/2023) di Ruang 14301 Gedung Fakultas kampus Itenas. Kuliah tamu tersebut ditujukan bagi mahasiswa program studi DKV yang mengambil mata kuliah DKV Identitas. Hanya saja, kuliah tamu pada kali ini terasa sangat spesial karena menghadirkan Aulia Akbar (alumni DKV 2010) yang baru saja memenangkan sayembara logo untuk IKN Nusantara melalui pengumuman sehari sebelumnya.

Kuliah tamu dibuka dengan prakata dari dosen pengampu mata kuliah DKV Identitas, Bapak Inko Sakti Dewanto, S.T., M.Ds. Beliau mengajak seluruh mahasiswa untuk berdiri dan memberikan tepuk tangan yang meriah atas pencapaian Aulia yang membanggakan untuk Itenas dan juga masyarakat Indonesia.

“Selamat telah mencetak sejarah baru di Indonesia, almamater Itenas, dan juga dunia desain grafis di Indonesia,” ujar beliau. Dalam prakata tersebut juga, mahasiswa diharapkan untuk meneruskan jejak alumni DKV Itenas yang karyanya sudah melanglang buana secara nasional maupun mancanegara.

Dalam kuliah tamu tersebut, Aulia mengatakan bahwa identitas dirinya dan juga rekan-rekan desainer grafis lainnya terbentuk melalui paparan dari lingkungan. Untuk memantapkan konteks yang disampaikan, Aulia juga bercerita mengenai latar belakang kehidupan dan lingkungannya yang memberi pengaruh pada identitas karya-karyanya.

Kemudian Aulia melanjutkan pemaparan materi dengan menjelaskan bagaimana identitas visual berpengaruh pada karya, baik itu sebagai sebuah karya seni maupun karya aplikatif untuk sebuah barang/goods. Evolusi mengenai barang dari yang sekadar dipakai dan kemudian bergeser menjadi sebuah identitas si pemakai menjadi contoh yang dijelaskan Aulia dari materi tersebut. Tidak lupa juga diberikan studi kasus yakni proyek yang pernah Aulia kerjakan mengenai identitas visual sebagai gambaran langsung, seperti produk helm, skincare, kafe, hingga karya terbarunya yakni logo IKN Nusantara.

Tidak hanya memaparkan materi saja, mahasiswa yang sebelumnya ditugaskan membuat logo identitas dipilih secara acak oleh Aulia untuk diulas hasil karyanya. Di samping itu, sesi tanya-jawab membuat suasana kuliah tamu menjadi lebih interaktif.

Kuliah tamu ditutup dengan pemberian cinderamata dan sertifikat juga foto bersama.