“PiESTA FAD Itenas 2023”: Bersinergi, Berkolaborasi, dan Berkontribusi Nyata Bagi Negeri

Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) Institut Teknologi Nasional Bandung menyelenggarakan acara “PiESTA FAD Itenas 2023” pada Sabtu (29/7/2023) di lingkungan kampus Itenas. Acara ini merupakan gabungan dari kegiatan sharing session, workshop dengan beberapa civitas akademika dan alumni FAD Itenas, bazaar, dan pameran. Perhelatan “PiESTA FAD Itenas 2023” juga menjadi momen kolaborasi para alumni FAD Itenas lainnya setelah acara serupa diselenggarakan pada November 2017 dengan tajuk “Desain Hanya: a Today Retrospective”.

Pembukaan acara dilakukan oleh Dekan Fakultas Arsitektur dan Desain, Dr. Andry Masri, M.Sn., melalui sambutan sekaligus pembacaan doa. Beliau mengatakan bahwa kegiatan ini kembali dilakukan setelah sempat tertunda karena mahasiswa perlu untuk mengetahui keadaan keprofesian arsitektur dan desain masa kini dari para alumni agar dapat menangkap apa yang akan terjadi di masa mendatang.

InsyaAllah jika kegiatan ini lebih banyak manfaatnya, kami akan lakukan setiap tahunnya. Jadi, mahasiswa harus bersiap menciptakan karya one of a kind di dunia karena ‘PiESTA’ akan menjadi tempat untuk mencari sesuatu yang unik,” ujar Dekan FAD saat membuka acara.

Selain itu, sambutan juga disampaikan oleh Rektor Itenas Prof. Meilinda Nurbanasari, Ph.D. Beliau mengatakan kegiatan seperti “PiESTA FAD Itenas 2023” perlu dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa karena terdapat ilmu dari alumni yang bisa diaplikasikan kelak di dunia kerja atau industri.

“Saya juga berterima kasih banyak kepada para alumni atas kontribusi dan partisipasinya untuk acara ini.  Bagi saya yang penting adalah, siapapun yang ingin membantu memajukan Itenas, kami sangat welcome,” ujar Rektor Itenas sekaligus meresmikan acara.

Rektor Itenas, Dekan FAD Itenas, dan tamu undangan lainnya berkeliling stand pameran dan melakukan Sapa Alumni. Karya yang dipamerkan pun menarik perhatian para tamu undangan. Kemudian dilakukan sesi foto bersama sebelum lanjut pada kegiatan lainnya.

Pada “PiESTA FAD Itenas 2023” kali ini terdapat lima workshop yang dihadiri oleh mahasiswa aktif Itenas dan juga masyarakat umum dengan tema serta fokus karya yang beragam. Untuk bisa berpartisipasi, peserta terlebih dahulu mendaftar melalui Google Form yang tersedia di akun Instagram @piesta.pora. Tidak hanya itu saja, para peserta yang mengikuti workshop tertentu diberikan fasilitas dan peralatan penunjang, juga bisa membawa pulang hasil karyanya dan mendapatkan e-certificate.

Yang pertama yakni workshop pembuatan Batik Gutta Tamarind bersama Ratri Werdiningsih Kalungsari (alumni prodi Desain Interior 2000). Dalam workshop tersebut, dijelaskan mengenai gutta tamarind sebagai bahan perintang pengganti malam, sehingga sering disebut juga sebagai teknik batik dingin karena bahannya yang tidak perlu dipanaskan. Para peserta juga diajarkan mengenai penggunaan gutta tamarind saat membatik.

Di waktu yang bersamaan juga, terdapat workshop Abstract Painting DIY bersama Santhy Nurhayanty (alumni prodi Desain Interior 1994). Abstract painting menjadi topik workshop karena gambar jenis tersebut dianggap sering menjadi focal point (pusat perhatian) dalam interior sebuah ruangan. Dengan kanvas dan cat yang sudah disediakan panitia, para peserta antusias dalam membuat karya abstract painting masing-masing.

Pengolahan kembali kantung plastik bekas menjadi elemen interior yang estetik juga menjadi tema dalam workshop yang dipandu Iyus Kusnadi (alumni prodi Desain Interior 1995). Peserta yang mengikuti workshop tersebut diinstruksikan membawa kantung plastik bekas aneka warna dan setrika. Proses pembuatan karya pun berlangsung dengan penuh ketelitian dari para peserta.

Yang keempat yakni workshop Pop-Up Card x Kolase bersama Wuri W. Hapsari (alumni prodi Desain Komunikasi Visual 2006). Sesuai dengan namanya, workshop tersebut memberi gambaran mengenai perpaduan teknik pop-up dan kolase ke dalam sebuah karya. Para peserta berkreasi membuat pop-up card kolase dengan tema serta desain yang menarik perhatian.

Workshop kelima sekaligus terakhir dibawakan oleh Rio Novtriansyah (alumni prodi Desain Produk 1999) dengan tema Manual Illustrations for Business. Kegiatan yang juga diikuti dengan sesi art jam ini mengulik lebih dalam mengenai relevansi ilustrasi manual untuk keperluan industri yang kini sudah serba digital. Peserta diajak untuk membuat ilustrasi manual menggunakan cat watercolor.

Selain workshop, acara “PiESTA FAD Itenas 2023” menyelenggarakan sharing session dengan berbagai bahasan di bidang arsitektur dan desain dengan mengundang sejumlah pembicara yang sudah berpengalaman. Beberapa di antaranya seperti Aulia Akbar (pemenang sayembara desain logo IKN Nusantara), Daryl Wilson (co-founder Kumata Studio), grup desainer Bujang Rimba Berjaya, dan lainnya. Sesi yang masing-masing berlangsung 30 menit sukses membagikan ilmu yang menarik kepada para pengunjung.

Untuk membuat acara semakin menarik, diadakan pameran hasil karya mahasiswa dan alumni dari keempat program studi di FAD Itenas. Terdapat juga bazaar yang menyediakan aneka makanan, barang, hingga jasa dengan konsep yang unik. Daya tarik lainnya pada “PiESTA FAD Itenas 2023” yakni live talkshow Interaksi Panas bersama Penghuni Gedung 1 All Star yang berlangsung di basement Gedung 1.  Sebagai penutup, acara tersebut juga menyuguhkan live music dari Agung Pecunk yang menggunakan instrumen daur ulang dari limbah botol dan dari AFTRVHSR di tempat yang sama.

Acara “PiESTA FAD Itenas 2023” sukses mengumpulkan kembali para alumni FAD Itenas yang sukses di bidangnya dalam sebuah momen kolaborasi yang berkesan dan juga menjadi wadah mahasiswa yang ingin menggali ilmu lebih dalam dari ahlinya.