Penyerahan Kendaraan Roda Tiga Listrik dan Hybrid Pertama di Indonesia Hasil Karya Itenas kepada Kodim 0618/BS Kota Bandung

Sebagai salah satu bentuk pengaplikasian Tridarma Perguruan Tinggi khususnya penelitian, Institut Teknologi Nasional Bandung melakukan serah terima kendaraan roda tiga listrik dan hybrid kepada Komando Distrik Militer 0618/BS Kota Bandung. Agenda tersebut dilakukan bertepatan pada Hari Pahlawan Nasional, Jumat (10/11) di Markas Kodim 0618/BS Jl. Bangka, Kota Bandung.  Kendaraan roda tiga listrik dan hybrid ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Pihak Itenas Bandung yang menghadiri acara ini antara lain Prof. Meilinda Nurbanasari, Ph.D. (Rektor). Bapak Tarsisius Kristyadi, Ph.D. (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan sekaligus ketua tim pembuatan kendaraan), Bapak Dani Rusirawan, Ph.D. (Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Inovasi, dan Kerja Sama), Bapak Fahmi Arif, Ph.D. (Kabag Inovasi dan Pengelolaan Kekayaan Intelektual LPPM Itenas), serta lima orang mahasiswa program studi Teknik Mesin.

Prosesi serah terima dilakukan secara upacara formal sesuai protokol yang diberlakukan. Penandatanganan dan penyerahan berita acara antara Itenas Bandung dengan Kodim 0618/BS menjadi simbolis bahwa kendaraan hasil inovasi civitas akademika Itenas Bandung telah diterima oleh Kodim 0618/BS untuk dipergunakan sebagai kendaraan operasional.

Berdasarkan penuturan dari Komandan Kodim 0618/BS Kolonel Inf. Donny I. Bainuri, S.Hub.Int., M.A.S.S.S. dalam sambutannya, kolaborasi ini tercipta untuk peremajaan kendaraan-kendaraan operasional yang dimiliki Kodim 0618/BS. Terdapat sekitar 5 unit kendaraan yang dimodifikasi Itenas Bandung menjadi kendaraan listrik dan hybrid.

“Kami mengucapkan terima kasih untuk hasil karya nyata yang diciptakan mahasiswa Itenas Bandung. Ini sangat mendukung efisiensi operasional dan optimalisasi pelaksanaan tugas pokok TNI yang membutuhkan mobilitas,” ujar Dandim 0618/BS.

Rektor Itenas Bandung Prof. Meilinda Nurbanasari, Ph.D. pun mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang terjalin dengan TNI AD, khususnya Kodim 0618/BS. Beliau berharap agar Itenas Bandung dan Kodim 0618/BS terus berkolaborasi di kegiatan lainnya.

“Itenas Bandung siap membantu dan terlibat dalam melahirkan inovasi-inovasi untuk mendukung tugas pokok TNI AD, khususnya di Kodim 0618/BS dalam menghadapi segala perubahan yang cepat dan dinamis,” ujar Rektor Itenas.

Sebagai informasi, kendaraan yang dimodifikasi Itenas merupakan jenis Brushless DC motor berdaya 2000 Watt dengan tegangan listrik 72 Volt dan kapasitas baterai 60 Ah untuk jenis kendaraan listrik. Sedangkan untuk kendaraan hybrid, spesifikasi kelistrikan sama dengan motor listrik yang ditambah tangki untuk jenis bensin 4 tak.

Kolaborasi tersebut menjadi bukti nyata bahwa Itenas Bandung tidak hanya berkarya semata untuk kepentingan akademis, tetapi juga menjadi manfaat bagi banyak lapisan masyarakat dengan beragam latar belakang. Semoga akan banyak hasil inovasi lainnya yang diciptakan Itenas Bandung yang aplikatif bagi semua orang.