Pada Rabu (22/5/2024), Institut Teknologi Nasional Bandung menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universiti Malaysia Kelantan. Seremonial penandatanganan yang berlangsung di Gedung Rektorat tersebut dihadiri sejumlah pimpinan dari kedua belah pihak.

Acara dibuka dengan sambutan dari Rektor Itenas dan juga Rektor UMK. Masing-masing rektor memberi harapan agar kerja sama yang dijalin dapat terus ditingkatkan, baik dari kualitas maupun kuantitasnya.

“Kami menyadari bahwa sebagai perguruan tinggi, kami perlu suatu kolaborasi khususnya dengan perguruan tinggi internasional,” kata Rektor Itenas Prof. Meilinda Nurbanasari, Ph.D.

“Sebagai rektor, saya akan melihat pencapaian dari setiap MoU dan MoA (yang dijalin) agar sesuai yang diharapkan,” kata Rektor UMK Prof. Dato’. Dr. Razli bin Che Razak.

Prosesi penandatanganan dan penyerahan plakat serta cinderamata dilakukan setelah sambutan disampaikan. Dalam nota kesepahaman yang ditandatangani, bentuk kerja sama yang akan dijalankan Itenas Bandung dan UMK yakni mengenai Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat.

Selesai seremoni, implementasi berupa kuliah umum dilaksanakan di masing-masing fakultas di Itenas Bandung dengan pembicara dari UMK. Untuk Fakultas Teknologi Industri, kuliah tamu dilaksanakan di Gedung Perpustakaan lantai 3 dengan tema “Development of Tig Mig Hybrid Welding” yang dibawakan oleh Assoc. Prof TS Sarizam bin Mamat (Dean, Faculty of Bioengineering and Technology). Untuk Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, kuliah tamu dilaksanakan di R. 12305 dengan tema “Biodiversity and Solid Waste Management in Malaysia” oleh Assoc. Prof. Zulhazman Hamzah (Dean, Faculty of Earth Science). Untuk Fakultas Arsitektur dan Desain, kuliah tamu dilaksanakan di R. 15301 dengan tema “The Malay Nobat: A History of Power, Acculturation, and Sovereignty” oleh Prof. Dr. Raja Iskandar bin Raja Halid (Dean, Faculty of Creative Technology and Heritage).

Diharapkan kerja sama yang dijalin Itenas Bandung dan Universiti Malaysia Kelantan dapat diimplementasikan secara konsisten dan menghasilkan luaran akademik yang bermutu internasional.