Sejak tahun 2023, Institut Teknologi Nasional Bandung telah resmi menjadi institusi ke-5 dari konsorsium penyelenggara event tahunan International Workshop for Young Scientists “BioPhys Spring (BPS)”, sekaligus menjadi institusi pertama di luar institusi yang ada di negara Uni Eropa, khususnya negara-negara yang termasuk “Visegrad Four”, yaitu Polandia, Republik Ceko, Slovakia, and Hungaria. Lima institusi yang menjadi konsorsium BPS saat ini adalah Institute of Agrophysics, Polish Academy Sciences, Lublin (Polandia); Czech University of Life Sciences, Prague (Republik Ceko); Slovak University of Agriculture, Nitra (Slovakia); Hungarian University of Agriculture and Life Sciences, Godollo (Hungaria), dan Institut Teknologi Nasional, Bandung (Indonesia)

Sejak dimulainya kegiatan ini (tahun 2002), konsorsium penyelenggara hanya terdiri dari empat institusi dari negara-negara Visegrad Four.

Dalam event The 23rd International Workshop for Young Scientists “BioPhys Spring 2024”, yang diselenggarakan di Lublin, Polandia pada 23-24 Mei 2024, Wakil Rektor Perencanaan Inovasi dan Kerja Sama Itenas Bandung, Bapak Dani Rusirawan, Ph.D. beserta dua yang sedang tugas belajar di Godollo, Hungaria (Bapak Diki Ismail Permana, S.Pd., M.T. dan Ibu Nuha Desi Anggraeni, S.T., M.T.) menjadi wakil Itenas Bandung yang menghadiri langsung event ini.

Selain menjadi anggota scientific committee BPS 2024 dan menjadi wakil Itenas Bandung mengikuti annual meeting konsorsium BPS, Wakil Rektor PIK Itenas Bandung juga menjadi pembicara dalam event tersebut. Jumlah pembicara dari Itenas Bandung dalam event ini merupakan terbanyak di antara konsorsium BPS, yaitu 16 orang, dengan rincian 2 dosen, 2 dosen yang sedang tugas belajar S3 di Eropa, 4 mahasiswa S2 dan alumni S2, dan 8 mahasiswa S1. Apresiasi banyak disampaikan oleh konsorsium BPS, karena banyak mahasiswa S1 (undergraduate/sarjana) dari Itenas Bandung, yang menjadi pembicara dalam event ini. Abstrak dari para pembicara dalam workshop ini tersedia di tautan berikut: https://biophys.ipan.lublin.pl/wp-content/uploads/2024/05/Book-of-Abstracts_BPS-2024_final-with-cover.pdf

Dalam kegiatan ini juga, telah dilakukan serah terima MoU atau nota kesepahaman perihal kerja sama antara Itenas Bandung dengan Institute of Agrophysics, Polish Academy Sciences, Lublin (Polandia) dan Czech University of Life Sciences, Prague (Republik Ceko). Naskah MoU yang sudah ditandatangani Rektor Itenas Bandung Prof. Meilinda Nurbanasari, Ph.D. diserahkan WR PIK kepada Prof. Cezary Sławiński (Director Institute of Agrophysics, Polish Academy Sciences) dan Prof. Prof. Dr. Martin Libra (representatives sekaligus scientific committee BPS 2024 dari Czech University of Life Sciences).

Kolaborasi dan internasionalisasi merupakan komitmen tanpa batas dari Itenas Bandung dalam mencapai visi dan misinya, khususnya dalam mempersiapkan lulusannya agar mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat tidak hanya nasional, tetapi juga global.

“If you want to go fast, go alone. If you want to go far, go together.” (African quote)