Penghargaan Dharma Bela Negara dari Menteri Pertahanan Republik Indonesia

Jakarta, Selasa 05 Maret 2019, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu membuka dan memimpin Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) yang berlangsung di Kantor Kemhan. Pada kesempatan itu, beliau menyampaikan “Kesadaran bela negara tidaklah dibawa sejak lahir atau taken for granted, tetapi perlu ditumbuhkan secara terus-menerus. Oleh karena itu, pembinaan kesadaran bela negara merupakan sebuah upaya tanpa henti atau never ending processuntuk menyesuaikan dengan tuntutan perubahan zaman.”(jpnn.com/2019)

PKBN di lingkungan Perguruan Tinggi bagi mahasiswa baru telah disepakati pada Pertemuan Pimpinan Perguruan Tinggi yang dilaksanakan pada tahun 2017 antara Kemhan dan Kemenristek Dikti. Kemhan sangat mengapresiasi perguruan tinggi yang telah melaksanakan PKBN secara rutin hingga saat ini. Rapat Koordinasi ini juga diikuti oleh Dirjen Pothan Kemhan Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.Si, para Pejabat Eselon I dan II Kemhan, Kemendagri, Kemenristek Dikti, Kemenag, Aster Panglima TNI, Para Pejabat Teritorial Angkatan dan para Rektor perguruan tinggi terpilih se-Indonesia termasuk Institut Teknologi Nasional (Itenas) yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Meilinda Nurbanasari, Ir., M.T., Ph.D.

Dalam Rapat Koordinasi tersebut, Menteri Pertahanan memberikan penghargaan Dharma Bela Negara bagi perguruan tinggi yang bekerjasama dalam melaksanakan PKBN selama kurun waktu 2014-2019. Salah satu perguruan tinggi penerima penghargaan adalah Institut Teknologi Nasional (Itenas). Dalam kesempatan tersebut, Dirjen Pothan Kemhan, Prof.Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.Si turut menandatangani MoU dengan pihak universitas tentang kegiatan PKBN.

PKBN telah rutin dilaksanakan di Itenas sebagai program yang terintegrasi dengan kurikulum pendidikan khususnya bagi mahasiswa baru. Kegiatan ini merupakan pembinaan kesadaran bela negara dan upaya dalam membantu penguatan jati diri mahasiswa baru. Selama pelaksanaan kegiatan ini berlangsung, output positif telah terlihat dalam segala aspek pendidikan dan kemahasiswaan di lingkungan Kampus Itenas. (Rina & Maugina RH- Itenas News office)