Kesempatan Kuliah di Luar Negeri dengan Beasiswa Erasmus+

Berita bahagia yang disampaikan oleh medcom.id dimana sebanyak 94 mahasiswa dan dosen Indonesia menerima beasiswa Erasmus Plus (Erasmus+) dari Uni Eropa pada 2020. Mereka berkesempatan menempuh studi hingga dua tahun pada jenjang S2 dan S3 di perguruan tinggi di Uni Eropa. Program Erasmus+ menawarkan berbagai instrumen untuk mendukung institusi pendidikan tinggi, seperti program Capacity Building in Higher Education (CBHE), Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD), Jean Monnet dan International Credit Mobility (ICM).

Tidak hanya itu, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Inovasi dan Kerjasama Itenas, Dr. Dani Rusirawan juga menyampaikan bahwa salah satu alumni Program Sarjana (S1) Program Studi Teknik Industri telah mendapatkan beasiswa tersebut. Muhammad Faiz Al Rasyid Tisyadi, adalah alumni Program Sarjana (S1) Program Studi Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung angkatan 2014 dan lulus 2019. Tahun 2020 mendapat beasiswa Master (S2) Erasmus+ dari Uni Eropa melalui Program Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD). Sebelumnya pada tahun 2018, Faiz mendapat kesempatan mengikuti Program Erasmus + exchange melalui Program International Credit Mobility ke Szent Istvan University – Hungary, selama 6 bulan.

Untuk Program EMJMD, Faiz akan mengikuti kuliah selama 2 tahun dengan rincian tempat kuliahnya semester pertama dan ketiga itu di universitas Institut Mines Telecom Atlantique – Perancis,  sementara semester kedua di Universidad Politécnica de Madrid – Spanyol. Untuk semester 4 karena programnya adalah pengerjaan Tesis, maka negaranya belum dapat ditentukan sekarang. Program EMJMD mensyaratkan mahasiswa menempuh Pendidikan di 3 negara. Program EMJMD yang akan diikuti oleh Faiz adalah SAfe and Reliable Nuclear Applications (SARENA), track:  Radioactive Waste Management & Decommissioning (RWMD).

Selamat atas prestasinya dalam mendapatkan beasiswa internasional Erasmus+, semoga menjadi inspirasi untuk mahasiswa Itenas. (Artikel: Vibianti/INO; Foto: Della/INO)