Webinar FTI: Jaringan Program Studi Informatika dalam Pembuatan Aplikasi

Program Studi Informatika yang didukung oleh Fakultas Teknologi Industri (FTI) Itenas mengadakan Webinar pada hari Kamis, 6 Agustus 2020. Program Studi Informatika mengundang Ridho Habi Putra, S.Kom dan Dr. Winarno Sugeng sebagai narasumber dalam Webinar FTI.

Ridho Habi Putra, S.Kom merupakan alumni Program Studi Informatika angkatan 2011 yang sekarang bekerja sebagai Freelance Web Designer/Developer. Sedangkan Dr. Winarno Sugeng merupakan Dosen Program Studi Informatika Itenas yang memiliki fokus di bidang Jaringan Komputer. Sebelum para narasumber memaparkan materi dalam webinar, Bapak Yusuf Miftahudin selaku Ketua Program Studi Informatika memberikan sambutan dan berharap para peserta mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari webinar yang diselenggarakan.

Dr. Winarno Sugeng sebagai narasumber pertama menyampaikan materi mengenai cara meningkatkan kinerja jaringan komputer rumah untuk menunjang aktivitas Work From Home (WFH). Work From Home mewajibkan masyarakat membuat jaringan untuk bekerja di rumah. Hal yang paling dibutuhkan dalam membuat jaringan untuk bekerja di rumah adalah kestabilan koneksi internet. Optimasi infrastruktur jaringan fisik supaya internet di rumah menjadi stabil antara lain pembagian bandwidth yang rata dan pemilihan ISP (Internet Service Provider) dengan jumlah yang sesuai kebutuhan beban bandwidth yang digunakan.

Materi selanjutnya dari narasumber kedua yaitu Ridho Habi Putra, S.Kom yang menyampaikan materi mengenai cara membuat aplikasi pengelolaan usaha sendiri berbasis PHP dengan Framework Codeigniter. Dalam membuat struktur Codeigniter diperlukan folder application untuk membangun aplikasi secara dinamis, folder system yang berisi libraries framework aplikasi dan folder user guide yang berisi dokumentasi framework. Dalam materinya, beliau memberikan tips dan trik dalam membuat aplikasi dengan sederhana.

Sesuai harapan Ketua Program Studi Informatika Itenas semoga peserta yang mengikuti Webinar FTI ini mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan bersedia mengikuti Webinar yang diselenggarakan Itenas selanjutnya. (Vibianti/INO)