Webinar Teknik Kimia: Kompetensi Pengelolaan Limbah B3 pada Industri Manufaktur dan Pertambangan

Senin, 7 September 2020, Webinar series ke-10 diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Kimia. Webinar kesepuluh ini bertemakan Kompetensi Pengelolaan B3 dan Limbah B3 pada Industri Manufaktur dan Pertambangan. Pada webinar kali ini mengundang narasumber tunggal yaitu Bapak Carlos Holmes Lumban Toruan, S.T., M.Si. yang merupakan alumni Teknik Kimia Itenas angkatan 2001. Bapak Carlos yang sekarang bekerja di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bengkulu sebagai Pengendali Dampak Lingkungan Ahli Muda. Selain itu beliau juga sering diundang sebagai penyidik Pegawai Negeri Sipil Lingkungan Hidup dan Asesor Sertifikasi Kompetensi Bidang Lingkungan Hidup. Sebelum beliau menyampaikan materinya, Pak Ronny Kurniawan, S.T., M.Si. sebagai Ketua Program Studi Teknik Kimia Itenas menyambut para peserta yang berasal dari beberapa daerah yang tersebar di seluruh Indonesia baik dari Institusi Pendidikan maupun Institusi Pemerintahan.

Dalam materinya beliau menyampaikan bahwa Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) adalah rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek Pengetahuan (knowledge), Keterampilan dan/atau Keahlian (skills) serta Sikap kerja (attitude) yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Limbah B3 (Bahan Beracun dan Berbahaya) adalah  zat, energi, dan/atau komponen lain yang karena sifat, konsentrasi, dan/atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat mencemarkan dan/atau merusak lingkungan hidup, dan/atau membahayakan lingkungan hidup, kesehatan, serta kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lain. Terdapat poin penting yang perlu diketahui jika kita akan mengelola limbah B3 yaitu tata cara penyimpanan, cara pengumpulan, pengangkutan, pemanfaatan, pengolahan, penimbunan dan instrumen yang digunakan untuk limbah B3 tersebut.

Di akhir webinar, Pak Ronny berharap setelah mengikuti webinar ini, para peserta lebih mengetahui bagaimana mengkategorikan, mengolah dan kompetensinya dalam sertifikasi pengolahan limbah B3 tersebut. Materi lengkapnya dapat dilihat di Youtube Teknik Kimia Itenas. (Vibianti/INO)