DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

 

FAKULTAS ARSITEKTUR DAN DESAIN

Sekilas Desain Komunikasi Visual

Mengantisipasi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan masyarakat di bidang komunikasi yang semakin berkembang, untuk itu, maka Program Studi Desain Komunikasi Visual menyiapkan para lulusannya dengan kegiatan pengajaran, pelatihan dan pembimbingan, baik dengan mengaplikasikan teknologi yang berkembang, maupun mendorong para lulusan untuk mengembangkan teknologi baru dalam mendukung masyarakat ekonomi kreatif.

Kurikulum yang dikembangkan ini mendorong pribadi-pribadi untuk menghasilkan karya-karya inovatif yang didasarkan dari riset terhadap kebutuhan masyarakat luas atau permasalahan-permasalahan nyata yang berkembang di masyarakat, dengan mengedepankan pemikiran yang kritis terhadap permasalahan, kemampuan berkomunikasi yang baik, kerjasama antar individu dan multi disiplin, solusi yang berdasarkan kreativitas, serta karakter yang berintegritas terhadap bangsa dan negara.

Melalui berbagai mata kuliah diantaranya Desain Interaksi, Service Design, Creative Writing, Aksara Nusantara, Brand Communication, New Media, Dubbing dan Voice Over, Visual Storytelling, Sketsa Grafis, Desain dan Persepsi, Paper Engineering, dll; Program Studi Desain Komunikasi Visual Itenas mendorong para subjek didiknya untuk mampu mengintegrasikan pemanfaatan teknologi cyber dengan dunia nyata tanpa mengindahkan sisi kemanusiaan, sehingga, hasil pemikiran ataupun karya tersebut selain bisa dimanfaatkan, tetapi juga mengandung nilai kemanusiaan yang tinggi. Kedepannya, peluang berjejaring baik dengan Asosiasi Profesi, Stakeholder Pemerintahan, serta Kemitraan bidang Desain serta multidisiplin lain yang terkait, terbuka lebar.

Akreditasi

Program Studi Desain Komunikasi Visual telah terakreditasi nasional , dan akreditasi yang dimiliki:

  • Terakreditasi “A” dari badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)

Tujuan Pendidikan

  1. Menghasilkan lulusan yang adaptif dan unggul di area softskill, dalam memecahkan permasalahan komunikasi visual berlandaskan nilai-nilai humaniora digital.
  2. Menghasilkan lulusan yang adaptif dan unggul di area softskill, dalam memecahkan permasalahan komunikasi visual berlandaskan nilai-nilai humaniora digital.
  3. Menghasilkan gagasan-gagasan inovatif berdasarkan hasil penelitian dan pengabdian berbasis humaniora digital pada bidang komunikasi visual di sektor Pariwisata, yang mampu direkognisi oleh masyarakat.
X