Sosialisasi LAM Teknik dan Kurikulum Berbasis OBE untuk Peningkatan Kualitas Program Studi di Itenas

Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung telah menyelenggarakan Sosialisasi Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) Teknik dan Kurikulum Berbasis OBE pada Jumat (16/12/2022) di Ruang 14301 Kampus Itenas. Acara ini menghadirkan Prof. Dr. Ing. Misri Gozan, M.Tech., IPU dari LAM Teknik sebagai pemateri dan diikuti oleh para dosen berbagai program studi di Itenas.

Penyelenggaraan sosialisasi ini bertujuan untuk mempersiapkan para dosen Itenas untuk mengimplementasikan pendidikan berbasis hasil atau outcome-based education (OBE) yang sedang dikembangkan Itenas. Menurut Tarsisius Kristiyadi, S.T., M.T., Ph.D. selaku wakil rektor bidang akademik dan kemahasiswaan, kesempatan ini harus digunakan sebaik mungkin agar program studi di Itenas mendapatkan akreditasi terbaik.

“Ada beberapa prodi kami di (bidang) teknik yang akan mengajukan akreditasi di bulan Januari. Oleh karena itu, kami ingin mendapatkan pencerahan mengenai LAM Teknik dan juga kurikulum berbasis OBE,” ujar beliau saat membuka acara.

“Beberapa waktu yang lalu, kami sudah berencana mengundang Prof. Misri. Jadi, sesuai dengan cita-cita yang kami diskusikan dan rencanakan juga bahwa Itenas harus menerapkan kurikulum berbasis OBE ini di seluruh prodi,” sambungnya.

Sosialisasi ini berjalan selama 120 menit dengan paparan materi dari Prof. Dr. Ing. Misri Gozan, M.Tech., IPU mengenai outcome-based education (OBE) serta sesi tanya-jawab. Secara garis besar, kurikulum ini menitikberatkan pada hasil capaian belajar mahasiswa (dalam hal ini adalah pemahaman mahasiswa dan praktiknya) dalam setiap materi perkuliahan yang diterima. Bagi Prof. Misri, akreditasi sebuah program studi perlu dilihat juga dari seberapa banyak lulusan yang bekerja di bidang yang relevan dengan program studinya.

Acara ditutup dengan penyerahan cinderamata kepada pemateri dan sesi foto bersama. Diharapkan kegiatan sosialisasi ini memberikan insight baru kepada dosen setiap program studi di Itenas.